Belajar Mencintai daripada Dicintai

Cinta bukan sekedar pemenuhan kebutuhan hubungan antar manusia. Namun, cinta adalah bagian dari kehidupan yang patut dijalani dengan penuh sukacita. Sebab di sana ada kebahagiaan yang bisa saling dibagikan, kebersamaan yang bisa saling disatukan, kegembiraan yang bisa terus di maksimalkan.

http://2.bp.blogspot.com/_7wZGkeDJ7Lw/TIiSQQWiCwI/AAAAAAAAABQ/RBa5VncBX7Y/s320/mawar2rose.jpg
Rasa saling mencintai seperti contohnya anak dengan orang tuanya, seseorang dengan pasangan hidupnya, adik dengan kakanya, teman dengan para sahabatnya, guru dengan muridnya, pimpinan dengan anak buahnya, keluarga dengan para tetangganya, bahkan manusia dengan alam semesta dan manusia kepada sang pencipta-NYA.

Arti cinta itu luas, cinta tidak bisa di ukur dengan materi tapi cinta hanya bisa di ukur dengan rasa didalam hati. Yang pada hakikatnya cinta mempunyai dua unsur yaitu mencintai dan dicintai. Arti mencintai adalah di mana cinta itu ingin di tumbuhkan atau cinta itu datang dan ingin dilaksanakan baik itu di dalam rasa manusia, hewan maupun tumbuhan. Sedangkan dicintai adalah hasil dari mencintai, yaitu dimana cinta tersebut datang kepada apa saja baik itu mahluk hidup dan juga benda mati.
Arti dicinta bahkan rasa dicintai akan hadir jika ada yang mencintai, sekarang saya akan membedakan cinta manusia dan cinta TUHAN. Karena jelas berbeda jika manusia di cintai belum tentu manusia tersebut dapat membalas cinta atau dengan kata lain mencintai. Beda halnya dengan TUHAN yang selalu mencintai umatnya meskipun ada sebagian umat-NYA yang tidak mencintai-NYA namun TUHAN tetap mencintai umatnya.
TUHAN selalu mencintai tapi kenapa manusia ada yang hanya ingin dicintai terlebih dahulu baru bisa mencintai. Yaps, itulah manusia tidak ada yang sempurna dalam memahami sebuah cinta. Karena pada hakikatnya cinta adalah memberi bukan hanya menerima, banyak manusia di dunia ini yang hanya berharap cinta itu datang dan pabila itu sudah datang barulah manusia tersebut akan berusaha mencintai.
Bisa disimpulkan banyak manusia yang inginnya hanya dicintai namun tidak berusaha untuk menumbuhkan rasa mencintai. Itulah sebabnya ada cerita malin kundang, ada cerita penghianatan, ada cerita perselingkuhan, ada cerita pembunuhan, ada cerita pemerkosaan, ada cerita korupsi, ada cerita penindasan dan bahkan ada cerita tentang kekufuran.
Ambilah contoh ketika seorang menusia yang miskin harta dan berdoa, lalu dengan doa dan usaha ia bisa menjadi kaya raya. Namun ketika kaya dia lupa akan segalanya bahkan lupa berdoa kepada TUHAN. Itu di sebabkan manusia tersebut hanya mengharapkan dicintai, coba kalau manusia tersebut sudah mencintai tuhannya. Maka dalam keaadaan apapun dia akan tetap berdoa meskipun dia kaya atau miskin.
Dalam artian disini mencintai adalah memberi bukan mengharapkan untuk diberi, karena pada dasarnya cinta itu bisa tumbuh dengan keikhlasan bukan karena keterpaksaan. Karena itu, teruslah kembangkan rasa saling mencintai. Manusia kepada TUHAN, anak dan orang tuanya, seseorang dengan pasangan hidupnya, adik dengan kakanya, teman dengan para sahabatnya, keluarga dengan para tetangganya, manusia dengan alam semesta.
Dengan semua itu akan muncul rasa saling pengertian dan saling kesepahaman. Dengan cara itu, akan muncul rasa saling dukung dan saling bantu sesama. Sehingga semua akan menyatu dalam kebersamaan cinta yang membawa rasa bahagia.
Cobalah renungkan sedikit saja makna dari artikel ini dan bertanyalah kepada diri masing-masing apakah anda dalam hidup ini selalu belajar mencintai? atau anda adalah seseorang yang hanya ingin dicintai? atau anda mengharapkan cinta itu datang barulah anda akan bisa mencintai?

>See more at: bagindaery.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s