Tipe-Tipe Murid Di Lingkungan Sekolah

Di kelas khususnya di sekolah, pasti ada bermacam kelakuan dan sifat dari masing-masing murid. Dan mereka cenderung terus melakukan itu di setiap saat. Setelah saya melakukan penelitian asal-asalan secara tidak langsung dan kurang meyakinkan, saya dapat menyimpulkan berbagai tipe siswa/i dan saya sangat yakin hasil dari penelitian saya tidak dapat dipercaya:

1. Tipe Kekanak-kanakan alias bego dibuat-buat
Selagi kelas kosong atau saat istirahat, perhatikan ruangan kelas kamu. Lihat apa ada alien, eh apa ada teman kamu yang seperti anak-anak. Ciri ciri dari tipe ini adalah selalu buat keributan dengan buat orang lain ketawa karena tingkah bodoh mereka. Tipe bego dibuat-buat ini biasanya bertingkah aneh dan lucu, misalnya ada cowok yang rambutnya sengaja dibuat cepak, celana dibuat keperut, pakai dasi, dan pakai kacamata. Lalu dia tiba-tiba manggil teman-temannya supaya nengokin dia. Terus si cowok itu tiba-tiba ketawa sendiri. Sedangkan yang lain ikut ketawa karena menertawakan kebodohannya. Atau misalnya ada cowok yang dengan sengaja meremas bokongnya sendiri sambil mengarahkan bokongnya ke arah cewek-cewek lebih tepatnya kayak promosiin bokong dengan gratis. Masih mending kalau bokongnya montok bisa diremas, lah kalau bokongnya lurus kayak triplek apa yang mau diremas?

2. Tipe penebar pesona yang selalu gagal
Ini bisa dilakukan oleh cowok atau cewek khususnya bagi mereka yang selalu promosiin diri mereka, entah memang hobi atau memang ngejar target atau memang ketakutan kehabisan stok cowok/cewel keren. Ciri cowok tipe ini adalah saat kelas kosong tapi masih ada dihuni cewek targetnya, dia sengaja main basket di depan sambil ngelirik si target. Si cowok sengaja menembakkan bolanya ke arah si cewek target supaya ada kesempatan ngobrol sama si cewek. Memang si cewek berhasil ketakutan karena bola dan memang si cowok dan si cewek ngobrol. Setelah itu, tetap aja si cowok kagak ditanggapi si cewek lagi. Jadi, buat yang mau nyoba trik ini lebih bagus mikir lagi kalau perlu tanya orang tua kamu apakah trik ini tepat. Ciri cewek tipe ini adalah pura-pura benci terus ngomongin kejelekan si cowok supaya temen temennya gak tau kalau dia suka sama si cowok. Terus misalnya pas ada pembagian ulangan, si cewek langsung nanya nilai si cowok. Terus kalo bagus, si cewek bilang si cowok itu nyontek. Tapi kalo jelek, si cewek bilang “Mampus!” sama si cowok. Atau pas lagi fotokopi buku. Teman cewek si cowok berdiri dalam jarak yang dekat. Lalu teman cewek si cowok nawarin si cewek penebar pesona buat dekatin si cowok terus si cewek penebar pesona pura-pura gak mau terus ngacir mungkin dia mau berdoa dulu sangkin deg-degannya. Atau penebar pesona yang selalu bikin sakit mata yaitu yang suka ngerayu.

3. Tipe bisu padahal banyak yang mau diomongin
Tipe ini pasti ada di setiap kelas. Biasanya si tipe ini mau waktu kelas kosong atau lagi jam pelajaran selalu aja mulutnya diam. Mungkin dia takut ngomong karena mulutnya bau. Saat pelajaran, tipe ini selalu diam dan terus mikirin ‘kapanlah si guru ini musnah dari kelasku’. Saat kelas kosong, dia selalu diam sambil nengokin tingkah teman-temannya. Dia diam aja sambil main handphone atau dia denger lagu. Pas lagi denger lagu galau, dia menutup matanya terus membayangi sosok yang dia galauin terus dalam hatinya ia berteriak “ibuuu, aku sesak boker” atau”ibuuuu, dia telah menyobek-nyobek hatiku”. Tipe ini sebenarnya ingin sekali bercerita banyak hal tapi ia menganggap orang-orang di sekitarnya “bego” semua sehingga ceritanya enggak layak untuk dibicarain, atau memang dia aja yang memang “bego” gak bisa ngeluarin apa yang ada di hatinya dan di diarynya apabila dia suka nulis setiap malam di diary.

4. Tipe sok membanggain isi otaknya padahal yang dibanggain itu gak ada isinya.
Tipe ini biasanya saat guru bertanya “ada yang mau ditanya?”, tipe ini langsung ngancungin jempolnya eh salah telunjuknya terus bertanya “buk, nama saya siapa?” kalau dia memang benar-benar bego. Atau yang memang tidak terlalu bego “Buk, itu kok bisa gitu buk?”. Si guru pun hanya bisa mengelus bokongnya di kamar mandi dirumahnya sepulang sekolah atau mengelus dadanya dengan tangannya yang tak terlihat di kelas. Dan dengan lidah yang udah pegel, sang guru pun mengulangi pelajarannya lagi sambil berharap “kepala sekolah, naikin gaji saya dong”. Ataupun apabila si guru sedang menulis contoh soal di papan tulis, tipe ini langsung buka buku nyari soal yang persis sama dengan soal di papan tulis. Lalu ketika si guru bertanya apa jawabannya, tipe ini pun langsung mengancungkan telunjuknya lalu membaca jawabannya yang udah ada di buku dengan lantang dan tanpa malu. Dan teman-temannya yang lainnya pun ada yang terdiam dengan kecerdasan tipe ini yang sangat cepat mencari soal yang sama di buku dan teman-temannya pun ngomong sama hatinya “sial, latihan dimana dia. Tangan sama matanya cepet banget, kalah cepet gue.” Dan pada hasilnya tipe ini gak akan pernah dapat hasil bagus, dan kalau bagus percayalah dia bekerja sama dengan iblis.

5. Tipe mak erot alias mak gosip
Cewek cowok dapat digolongkan dalam tipe ini. Cewek tipe ini biasanya duduk berdekatan. Bahan obrolan yang mereka gosipkan yaitu orang-orang yang ada di sekitar mereka,tentang jalan-jalan, atau kisah cinta mereka. Saat guru menerangkan pelajaran pun, mereka dengan lantang dan beraninya menggosip sambil ketawa ketiwa kayak gini “qiqiqiqiqi” sambil nutupin gigi mereka. Pasti mereka malu karena gigi mereka kuning semua. Bahan obrolan cowok lebih serius kalau enggak masalah bola, games, komputer, kereta, geng motornya atau paling nggak pasti tentang cewek. Mereka lebih gak mengikuti gaya ngegosip cewek cewek, mereka lebih memilih gaya ngegosip yang lebih “cool”. Mata mereka biasanya melotot, mulut dimonyongin dan kaki diangkat.

6. Tipe agak maho
Tipe ini diambil oleh cowok cowok. Mereka biasanya gak menampilkan keunikan mereka ini secara terang-terangan. Tapi kita dapat membaca gaya mereka. Misalnya ada cowok yang dengan nafsunya ngeremes dada cowok lain tapi mereka ngelakuinnya dengan bercanda dan dengan nafsu yang ditutupi. Atau mereka saat tidur atau saat duduk, dengan sengaja tangan dan kakinya ditempelkan di badan cowok lain . Atau hal yang paling suka dilakukan yaitu mereka suka sekali meremas bokong temen cowoknya. Sangat menarik bagi mereka yang maho.
7. Tipe pembuat kuping sakit atau ngeribetin mata (pembuat onar)
Tipe ini selalu diidap cowok. Mereka biasanya suka bermain gitar lalu bernyanyi dengan suara mereka yang ngebass kayak suara ember yang sedang berkaraoke. Atau mereka suka berlari-larian kalau enggak lempar-lemparan kertas. Kenapa mereka gak lempar-lemparan duit ya?
8. Tipe tukang halal
Tipe ini dapat diidap oleh cowok atau cewek. Mereka selalu mentidak haramkan tindakan berbuat curang saat sedang berhadapan dengan proses pengambilan nilai. Saat menghadapi ujian misalnya, tipe ini suka nanya kisi-kisi sama guru bidang studi yang bersangkutan. Setelah itu dia minjam catatan temennya yang hobi nyatat atau memang mereka bercita-cita jadi sekretaris. Setelah dapa t catatannya, mereka langsung fotokopi perkecil. Kalau mereka setia kawan, mereka gak ragu-ragu untuk membagi kopekan sekaligus berbagi dosa dengan teman-temannya. Lalu saat ujian mereka mengeluarkan kopekannya. Atau kalau ada yang lebih niatnya mereka bawa buku cetak yang segede kardus supaya jawabannya lengkap. Atau setelah usaha kopek perkecil dan buku gak berhasil mereka langsung mengeluarkan laptop lalu tanya jawabannya sama om google. Atau paling tidak mereka nanya sama kawan-kawannya yang ikut berdosa juga. Kalau pas ada tugas rumah, tipe ini udah settting alarm supaya mereka bisa bangun sangat pagi. Lalu satu jam sebelum bel mereka udah nangkring di kelas atau nangkring di kantin. Dan bagi yang tiba-tiba rajin mengerjain tugas rumah dan sedang bernasib sial, harus rela memberikan tugasnya. Dan alhasil jawaban satu kelas sama semua. Atau pas ada tugas di sekolah, tipe ini merayu temannya yang pintar untuk memberikan jawabannya. Dan kalau enggak dikasih, siap siap untuk dimaki atau paling parahnya siap siap untuk diomongin sama satu kelas.

9. Tipe mengharamkan
Tipe ini sangat jarang ada dalam setiap kelas. Tipe ini jika ada tugas rumah, ia akan sekuat tenaga, sekuat otak, sebanyak pulsa, sepanjang waktu akan berusaha nyari jawabannya. Baik itu nengok buku, nanya om google, dan nanya keluarga. Jika ada ujian, ia akan merelakan matanya menjadi mata panda agar mendapatkan hasil yang terbaik dan apabila saat ujian keesokan harinya mereka tidak berhasil, ia tidak akan menyontek. Ia akan berdoa supaya hasilnya bagus. Dan bila ada temannya yang hasilnya lebih bagus daripada dia dan itu didapatkan dengan menyontek, Ia akan menandai mukanya dengan spidol atau yang lebih sering ia akan tidak suka dengan si penyontek. Biasanya tipe inilah yang menjadi pemenang dalam hal nilai saham eh nilai ujian.

Itu dia hasil penelitian iseng-isengan oleh saya yang juga masih duduk di bangku kelas, gak mungkinkan duduk di bangku restoran. Semoga bermanfaat, dan bila tidak bermanfaat saya harap dimanfaat-manfaatkan lah semanfaat-manfaat mungkin. Bila ada guru yang membaca tulisan ini, pesan saya “Naikkan nilai kami!” eh salah “Pelajari karakter murid anda! Jangan menilai murid anda segampang membalikkan halaman buku anda ya”

>sumber :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s